Laman

Stellarium software planetarium untuk melihat benda langit

Selamat pagi...
dulu kalau kita mau lihat yang ada di langit harus pergi ke bosscha yang ada di Lembang atau ketempat-tempat yang menyediakan teropong bintang untuk melihat bintang-bintang atau planet yang ada di antariksa, 

tapi kini kita bisa melihat isi langit dari layar laptop kapan pun kita mau tanpa harus repot-repot pergi ke tempat-tempat yang menyediakan teropong bintang dengan menggunakan sebuah software yang bernama stellarium.


Stellarium adalah sebuah Planetarium (wahana simulasi langit) open source gratis untuk komputer anda. Software ini dapat memperlihatkan langit secara realistik dalam bentuk 3D, seperti layaknya ketika anda melihatnya dengan mata telanjang, binocular atau dengan sebuah teleskop.
Stellarium sendiri dikembangkan oleh programmer Prancis bernama Fabien Chereau. Dia meluncurkan projek ini pada musim panas 2001. Stellarium ini dikembangkan di bawah lisensi GNU General Public License. Hal ini membuat perangkat lunak ini memiliki kode sumber (source code) yang terbuka.
(open source) dan bebas (free) digunakan oleh siapa pun untuk berbagai tujuan. Tidak hanya untuk pengguna Linux, perangkat lunak ini juga bisa dijalankan di Windows dan Mac OS.
Pada Mei 2006, projek ini dinyatakan sebagai Project of The Month (Proyek Bulan Ini) oleh SourceForge, sebuah situs pengembang perangkat lunak Free and Open Source Software (FOSS). Pada tahun yang sama juga, Stellarium meraih penghargaan untuk kategori pendidikan dalam kompetisi aplikasi bebas (free software) bertajuk Les Trophees du Libre.

Jika kalian mau coba software ini kalian bisa download