Laman

Faktor-faktor pertumbuhan


Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ada 2 ialah :

Faktor internal ( faktor dari dalam )
Faktor internal ditentukan oleh gen dan hormon. Di dalam gen terdapat sifat keturunan yang dapat diturunkan pada keturunan. Gen juga dapat berfungsi mengontrol reaksi kimia didalam sel, misalnya sintetis protein.
Hormon yang mempunyai peranan penting untuk pertumbuhan adalah somatrotof yang dihasilkan oleh kelenjar pituitary. Hormon pertumbuhan antara auksin, sitokinin  dan giberilin.
Faktor eksternal ( Faktor dari luar )     
             Faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan antara lain :
a.       Makanan ( Nutrisi )
Jika tumbuhan kekurangan sebagian nutrisi, kecepatan pertumbuhan menurun dan dapat menyebabkan kematian.
b.       Air
Air berfungsi untuk fotosintetis, mengaktifankan reaksi enzimatik, menjaga kelembaban dan membantu perkecambahan biji.
c.       Suhu
Tumbuhan membutuhkan suhu tertentu untuk tumbuh dan berkembang dengan baik yang di sebut suhu optimum. Suhu paling rendah yang masih memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh di sebut suhu minimum, sedangkan suhu paling tinggi yang masih memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh di sebut suhu maksimum.
d.        Kelembaban
Tanah dan udara lembab berpengaruh baik bagi pertumbuhan. Kondisi lembab meyebabkan banyak air yang di serap tumbuhan dan sedikit yang di uapkan. Kondisi tersebut mendukung aktivitas pemanjangan sel-sel.
e.       Oksigen
Berfungsi dalam reaksi metabolisme tumbuhan karena penting dalam respirasi yang menghasilkan energi.
f.        Cahaya
Banyak cahaya yang dibutuhkan oleh tumbuhan tidak selalu sama. Cahaya menghambat pertumbuhan meninggi, karena dapat menguraikan hormon auksin. Tumbuhan yang berada di tempat gelap akan lebih cepat tinggi daripada tumbuhan yang berada ditempat gelap. Pertumbuhan yang berada ditempat gelap disebut etiolasi.